tips berinvestasi rumah

Rumah menjadi salah satu aset penting yang nilainya terus meningkat dari tahun ke tahun dan menjadi salah satu jenis investasi yang paling menguntungkan.

Investasi rumah menjadi salah satu peluang bisnis di bidang properti yang saat ini banyak dilakukan oleh orang-orang. Peluangnya lebih menjanjikan dan aman dibanding emas, saha, dan jenis investasi lainnnya.

Namun, ternyata investasi rumah bisa beresiko gagal lho. Kegagalan ini bisa disebabkan karena faktor keamanan seperti bencana alam atau faktor dari manusia itu sendiri. Maka dari itu, jika anda sedang berencana ingin berinvestasi rumah dan tidak ingin gagal. Yuk ketahui tips investasi rumah berikut ini.

1.Pertimbangkan Keuangan

Tujuan anda membeli rumah ini adalah supaya membuat keuangan anda menjadi sehat berkat penghasilan dari rumah yang disewakan.

Namun, sebelum kamu membeli sebuah rumah. Lebih baik pertimbangkan dulu kondisi keuangan anda. Harga rumah yang dibeli akan menentukan berapa DP minimal yang harus anda keluarkan dan berapa cicilan yang perlu dibayar secara rutin setiap bulannya.

Jangan sampai cicilan rumah ini justru malah memberatkan kondisi keuangan anda.

2.Tentukan Lokasi dan Jenis Rumah yang Tepat

Nah, anda harus bisa memutuskan lokasi dan jenis rumah yang tepat ketika anda ingin berinvestasi di properti.

Lokasi yang tidak strategis bisa membuat anda kesulitan mencari penyewa untuk menggunakan rumah anda. Maka dari itu, anda akan kesulitan untuk mengembangkannya.

Pilihlah lokasi properti yang strategis dan dekat dengan keramaian atau jalan besar. Kamu juga bisa menentukan lokasi properti didekat pusat bisnis.

3.Persiapkan Modal DP Rumah

Usahakan bayar uang muka rumah lebih besar dari minimal pembayaran. Pinjaman dan jumlah cicilan setiap bulan bisa semakin rendah jika anda membayar uang muka lebih besar.

Saat ini uang DP yang perlu anda bayar sekitar 10-20% dari Harga jual sebuah rumah.

4.Periksa Kondisi Rumah

Agar properti yang anda sewakan cepat dilirik konsumen, periksalah kondisi rumah. Apa ada bagian tertentu yang perlu diperbaiki atau tidak.

Dengan begitu, kamu jadi paham masalah propertimu mengapa sampai sekarang belum laku.

5.Faktor Keamanan

Selain memeriksa kondisi rumah, anda juga harus bisa melihat faktor keamanan yang ada. Karena hal ini juga bisa mempengaruhi minat konsumen untuk menyewa properti anda.

Jangan beli properti rumah di lokasi yang rawan kejahatan dan perampokan karena tidak akan ada konsumen yang ingin tinggal didaerah berbahaya seperti itu.

6.Legalitas Rumah

Jangan terburu-buru ketika membeli sebuah rumah. Pastikan dulu kelengkapan surat-suratnya, agar dikemudian hari tidak akan muncul sengketa. Hal ini sangat penting sekali ketika kamu memutuskan untuk berinvestasi properti.

7.Asuransi Rumah

Jangan lupa untuk mengasuransikan rumah anda untuk menghindari resiko atau meminimalisir resiko tersebut. Asuransi menjadi salah satu cara terbaik agar anda terhindar dari masalah seperti itu.

Beberapa resiko seperti kebakaran, bencana alam dan tanah longsor bisa anda minimalisir berkat adanya asuransi. Jadi anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk perbaikan, cukup lakukan klaim saja ketika terjadi masalah.

Nah, itulah beberapa tips pemula ketika berinvestasi rumah yang wajib dilakukan agar sukses. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here