cara menghitung njop

Sudah banyak orang yang pernah melakukan transaksi jual beli properti atau membayar pajak bumi dan bangunan (PBB) pasti sudah tidak asing lagi ketika mendengar istilah NJOP.

Nilai Jual Objek Pajak atau NJOP adalah harga rata-rata dari transaksi jual beli, jika tidak transaksi jual beli berarti nilai NJOP ditentukan berdasarkan perbandingan harga objek lain yang sama, nilai perolehan baru atau Nilai Jual Objek Pajak Pengganti.

Disetiap daerah memiliki nilai NJOP yang berbeda dan tidak sama dan biasanya hal ini digunakan sebagai dasar pajak PBB. Jadi bagi anda yang ingin mengetahui cara membuat tolak ukur nilai NJOP untuk sebuah properti anda bisa membaca artikel ini sampai habis.

Berikut ini akan saya jelaskan mengenai nilai NJOP yang bisa ditentukan lewat 3 aspek yakni:

Perbandingan Harga Objek

Perbandingan harga objek adalah nilai NJOP yang berdasarkan perbandingan dengan objek properti lainnya yang sejenis dan sama serta letaknya juga tidak berjauhan dan telah diketahui berapa harga jualnya.

Nilai Perolehan Baru

Selain itu penentuan NJOP juga bisa ditentukan dengan metode nilai perolehan baru dimana metode ini didasari oleh perhitungan biaya untuk mendapatkan properti yang dibeli dan dikurangi dengan kondisi fisik properti yang dibeli.

Nilai Jual Objek Pajak Pengganti

Nah, sementara itu nilai jual objek pajak pengganti merupakan sebuah metode penentuan nilai pajak berdasarkan hasil produksi obyek pajak tersebut.

Cara Menghitung NJOP Secara Meter untuk Pemula

Untuk menghitung NJOP tanah per meter anda perlu melakukannya berdasarkan penilaian tanah dengan menggunakan pendekatan perbandingan harga yang ada di pasar.

Yang perlu kamu ketahui adalah perbandingan harga tersebut hanya bisa dilakukan terhadap objek tanah yang sejenis, letaknya tidak berjauhan dan dengan harga pasar yang sudah diketahui juga sebelumnya.

Sebenarnya cara untuk menentukan NJOP tanah per meter persegi setiap tahunnya dilakukan oleh pemerintah daerah dan dilakukan secara massal. Penentuan ini dilakukan untuk menentukan besaran NJOP untuk biaya PBB.

Lalu perbandingan harga tanahnya sendiri bisa dilakukan dengan menggunakan data harga melalui penjual, pembeli, notaris, badan pertanahan hingga agen properti. Selain itu perbandingan ini juga bisa kamu lakukan dengan cara melihat beberapa faktor seperti lokasi, fasilitas yang berada dan kondisi tanah serta aksesibelitas lainnya.

Menentukan harga jual properti mengacu NJOP

Nah, jika anda ingin menjual properti sebenarnya ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk menentukan harga jual. Yang pertama anda bisa melakukan berdasarkan harga pasaran yang berlaku di sekitar properti kemudian cara selanjutnya adalah berdasarkan NJOP.

Nah, buat kamu yang ingin mengetahui cara menghitung harga jual kembali properti jika menggunakan NJOP silahkan baca rangkumannya berikut ini.

  • Jika luas tanah anda: 8m x 12m = 96 m2
  • Luas bangunan: 6 m x 6 m = 36 m2
  • NJOP Tanah: Rp 1.000.000 per meter persegi
  • NJOP Bangunan: Rp2.000.000 per meter persegi
  • Maka total harga jual tanah adalah: 96 x Rp 1.000.000 = Rp 96.000.000
  • Total harga jual bangunan: 36 x Rp 2.000.000 = Rp 72.000.000
  • Berarti nilai jual properti anda adalah Rp 168.000.000

Pastikan anda bisa memahami secara garis besar bagaimana cara menghitung NJOP yang benar dari rumah yang dimiliki. Dengan begitu, kamu tidak akan kebingungan lagi ketika nanti harus memperhitungkan harga jual propertimu kepada orang lain.

Jangan lupa untuk melengkapi dokuman propertimu agar harga jualnya semakin naik dan tidak akan membuat rugi kamu. Jika sampai saat ini kamu belum mengubah sertifikat rumahmu dari HGB menjadi SHM. Kamu bisa melakukannya sesegera mungkin.

Sertifikat properti HGB sangat lemah dan berbeda dengan SHM. Jika kamu menjual properti menggunakan sertifikat HGB itu percuma saja karena nilai jualnya tidak akan semahal yang kamu kira dan NJOP kamu juga bisa turun.

Dengan melengkapi dokumen SHM kamu bisa membuat penjualan rumahmu dengan lancar tanpa perlu khawatir lagi. Saat ini banyak orang yang mencari rumah berdasarkan harga jual NJOP. Maka dari itu kalian harus pandai menghitung NJOP.

Jika kalian menyukai informasi ini, jangan lupa untuk dibagikan ke sosial media kalian dan ajak kawan kalian untuk membuka website ini dan belajar hal tentang properti. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here