Buat IMB Online

Buat kamu yang sedang berencana untuk membuat Surat IMB (Izin Mendirikan Bangunan). Saat ini kamu bisa melakukan pengajuan pembuatan IMB secara online loh.

Jadi kamu tidak perlu lagi mengantri lama jika menggunakan Fitur IMB Online. Cara ini dianggap lebih mudah karena kamu hanya perlu berdiri didepan komputer saja ataupun smartphone. Jadi kamu tidak perlu repot datang ke kantor Kecamatan.

Nah, buat kamu yang ingin mengajukan Permohonan IMB lewat Online. Berikut ini cara mudah membuat IMB Secara Online yang wajib kamu ketahui!

Cara Mengurus IMB Secara Online

Kunjungi Website bptsp.jakarta.go.id untuk wilayah Jakarta, Wilayah Bandung dpmptsp.bandung.go.id, Bekasi silat.bekasikota.go.id dan Surabaya ssw.surabaya.go.id.

Setiap website memiliki cara pendaftaran yang berbeda-beda. Maka dari itu kamu bisa mengikuti panduan yang ada di website untuk membuat IMB Online tersebut.

Registrasi IMB Online

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk membuat IMB online ini. anda harus daftar ke website di atas sesuai tempat tinggal anda.

Pada saat registrasi anda akan dimintai untuk mengisi beberapa data pribadi seperti tempat dan tanggal lahir, nama ibu kandung dan lainnya. Isilah data tersebut dengan benar dan lengkap.

Pilih Menu IMB Rumah Tinggal(RT)

Setelah melakukan registrasi. Selanjutnya anda harus memilih Menu IMB. Disana anda bisa memilih pilihan pembuatan IMB.

Lampirkan Data

Setelah kalian sukses melakukan registrasi ke website IMB Online. Cara selanjutnya adalah melampirkan data penting untuk digunakan verifikasi kepemilikan properti.

Anda harus melakukan scan terlebih dahulu agar data tersebut bisa dilampirkan. Ada beberapa data yang harus kalian lampirkan seperti:

  • Formulir Permohonan Izin Mendirikan Bangunan (PIMB) lengkap beserta tanda tangan
  • Fotokopi KTP Pemilik tanah atau pengaju
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi Surat Kepemilikan tanah dari BPN yang sudah dilegalisasi notaris atau kartu kavling dari PEMDA
  • Fotokopi surat tagihan dan bukti pembayaran pajak bumi dan bangunan
  • Ketetapan rencana kota sebanyak 7 lembar dari PTSP
  • Rencana Tata Letak Bangunan sebanyak 5 lembar
  • Fotokopi SIPPT dari Gubernur bila luas tanah 5.000 meter persegi atau lebih
  • Gambar rencana arsitektur (khusus zonasi R.5 rumah besar / R.9 rumah KDB rendah)
  • Perhitungan dan gambar rencana konstruksi yang ditandatangi pemilik IPTB

Jangka Waktu Mengurus Surat IMB Online

Jangka penyelesaian IMB Rumah tinggal kurang lebih 20 hari kerja. Jadi setelah selesai dibuat, anda akan diberitahu melalui pesan singkat atau telepon.

Ketika melakukan pengambilan jangan lupa untuk membawa bukti pembayaran retribusi Izin Mendirikan Bangunan dan dengan surat kuasa apabila orang lain yang mengambil.

Sanksi Bangunan yang Tidak memiliki IMB

Kamu bisa mendapatkan sanksi dari pemerintah jika bangunan milikmu belum dilengkapi IMB. Mulai dari sanksi administratif, pemberhentian pembangunan atau renovasi sementara sampai memiliki IMB.

Pembongkaran rumah juga akan dilakukan buat mereka yang tidak memiliki izin. Maka dari itu, agar kalian terhindar dari sanksi ini. lebih baik segera urus dan buat dokumen IMB Properti anda melalui online.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan mengenai cara membuat IMB secara online yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here