Kita semua tau urusan legalitas merupakan hal yang sangat penting dalam dunia properti. Keberadaan legalitas bisa memperkuat posisi kepemilikan properti yang anda miliki. Selain itu, dengan memiliki legalitas yang resmi dan kuat akan memudahkanmu untuk menjual properti tersebut dengan harga yang diinginkan.

Jika kita berbicara mengenai izin, keberadaan Sertifikat Hak Milik (SHM) memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah rumah dibandingkan dengan Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB). Jika SHM Bisa diwariskan ke anggota keluarga kita dan tidak memiliki batasan waktu. Berbeda dengan HGB dimana kita harus memperpanjang izin ini dan tidak bisa digadaikan.

SHM mutlak menjadi tanda bahwa anda memiliki kekuasaan penuh atas rumah atau hunian. Oleh karena itu, lebih baik segera membuat sertifikat HGB anda menjadi SHM.

Nah, buat kalian yang ingin merubah sertifikat kepemilikan rumah tersebut. berikut ini saya akan membagikan informasi mengenai cara mengubah HGB menjadi SHM dengan benar.

Syarat untuk Merubah HGB Menjadi SHM

merubah sertifikat rumah

Sebelum kalian mengajukan permintaan ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk merubah sertifikat anda. Ada beberapa hal yang perlu anda siapkan seperti:

  • Fotocopy KTP Pemohon
  • Fotocopy Kartu Keluarga
  • Surat Kuasa Jika Dikuasakan
  • Surat Persetujuan dari Kreditor (jika dibebani hak tanggungan)
  • Fotocopy SPPT PBB Tahun terakhir
  • Sertifikat HGB
  • Fotocopy IMB
  • Surat Keterangan dari Lurah atau Kepala Desa setempat untuk perubahan dari HGB menjadi SHM untuk rumah tinggal dengan luas 600 meter per segi

Proses Pengajuan Mengubah Sertifikat HGB Menjadi SHM

Datang ke Kantor BPN

Untuk merubah Sertifikat HGB Menjadi SHM maka hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah dengan datang ke kantor BPN di wilayah properti yang anda miliki. Disana anda bisa langsung datang ke loket pelayanan dan menyampaikan keperluan anda serta menyerahkan berkas yang sudah disiapkan.

Lalu jangan lupa juga untuk mengisi formulir permohonan beserta tanda tangan di atas materai. Dalam formulir ini anda juga diwajibkan untuk mengisi identitas diri serta pernyataan tanah tidak sengketa, luas tanah yang dimohon, pernyataan tanah dikuasai secara fisik, pernyataan mengenai menguasai tanah tidak lebih dari 5 bidang untuk permohonan rumah tinggal.

Bayar di Loket Pembayaran

Setelah itu anda harus datang ke Loket pembayaran untuk membayar biaya merubah HGB menjadi SHM senilai Rp 50 ribu.

Pengambilan Sertifikat

Setelah menunggu selama lima hari anda langsung bisa mengambil Sertifikat Hak Milik (SHM) di Loket pelayanan tempat anda pertama kali memberikan berkas permohonan penggantian surat HGB menjadi SHM.

Alasan Mengapa Harus Mengganti Sertifikat ke SHM

Ada beberapa alasan mengapa kamu wajib mengganti Sertifikat HGB menjadi SHM. Hal ini dikarenakan HGB memiliki banyak kelemahan seperti Sertifikat HGB tidak bisa menandakan anda sebagai pemilik lahan. Namun hanya memperbolehkan anda untuk menggunakan lahan tersebut seperti membangun bangunan di atas lahan untuk membuka usaha atau tempat tinggal anda.

Sertifikat HGB juga memiliki jangka waktu yakni maksimal 30 tahun. Setelah masa berlaku sertifikat ini habis, anda perlu memperpanjangnya dan akan ada biaya perpanjangan HGB. Jika tidak anda harus mengembalikan lahan ke pemilik yaitu negara, pengelola atau perorangan.

Selain itu, properti dengan status SHGB tidak Cuma ditemukan pada gedung kantor, ruko tapi juga ada rumah biasa. Umumnya hal ini terjadi ketika kalian membeli properti perumahan baru yang masih dibangun oleh pengembang.

Mengapa hal ini terjadi? Hal ini bisa terjadi karena pihak dari pengembang adalah badan hukum yang tidak boleh memiliki tanah dengan status hak milik. Meskipun mereka membelinya dari tanah yang berstatus hak milik masyarakat.

Oleh karena itu, tak heran jika di sejumlah perumahan baru anda bisa menemui rumah-rumah yang dijual masih berstatus sebagai SHGB.

Namun, ada beberapa developer yang menyediakan jasa untuk mengubah SHGB menjadi SHM dengan resmi. Namun tidak jarang juga mereka lebih meminta kepada pembeli untuk melakukannya sendiri.

Sayangnya saat ini ada banyak orang yang cenderung tidak peduli dengan status properti miliknya. Salah satu alasannya ya karena mereka tidak tau tentang pengetahuan mengenai prosedur pembuatan SHM.

Padahal dengan merubah Sertifikat properti dari HGB menjadi SHM kita bisa mendapatkan keuntungan yang sangat banyak dan kita juga tidak akan merugi jika terjadi suatu masalah pada properti kita.

Jadi gimana? Apakah sekarang anda tertarik untuk merubah sertifikat rumah milik anda menjadi lebih kuat dan resmi? Yuk segera pindahkan HGB anda untuk menjadi SHM.

Kamu bisa mengikuti tutorial mengganti status sertifikat properti diatas jika ingin mendapatkan sertifikat SHM. Jika masih ada hal yang ingin anda tanyakan silahkan tinggalkan pertanyaan tersebut di kolom komentar.

Admin akan menjawabnya ketika anda berkomentar. Jangan sungkan jika kamu masih bingung mengenai syarat atau tata cara untuk mengganti sertifikat HGB menjadi SHM dengan benar.

Jika kamu menyukai informasi ini, jangan lupa untuk membagikannya ke sosial media kalian. Lalu ajak teman kalian membaca artikel ini agar mereka mendapatkan edukasi mengenai dunia properti secara gratis dari Aus.co.id.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here