Cara-Memperbaiki-Atap-Bocor

Musim hujan saat ini telah tiba, salah satu masalah yang sering terjadi ketika musim penghujan adalah atap rumah yang bocor. Kebocoran ini sangat mengganggu, kuda-kuda atap rumah semakin lama bisa keropos, plafon bisa rusak dan tetesan airnya juga bisa merembes ke dalam rumah dan merusak barang-barang yang ada di bawah bagian atap yang bocor itu.

Nah, pasti anda tidak ingin mengalami hal merepotkan seperti itu kan? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi atap rumah yang bocor ketika hujan. Yuk langsung saja simak baik-baik.

Penyebab dan Cara Mengatasi Atap Bocor

Bentuk atap Kurang Curam

Kemiringan atap merupakan salah satu faktor penting agar rumah anda tidak bocor. Oleh karena itu, bentuk atap yang kurang landai bisa membuat air hujan tidak dapat tercurah ke tanah dengan cepat.

Apalagi jika terjadi hujan lebat yang kapasitas airnya sangat banyak. Akibatnya, air yang masih berada di atap bisa membanjiri ruang yang kosong. Air akan mencari celah kecil di atap terutama pada bagian sambungan penutup atap dan menyebabkan kebocoran. Untuk itu, aturlah sudut kemiringan atap yang baik sekitar 30-40 derajat agar ait hujan bisa teratasi dengan baik.

Pemasangan Penutup Atap Yang Kurang Bagus

Agar atap tidak mudah bocor. Penutup atap seperti asbes, genteng atau zink alum harus dipasang sebaik mungkin. Jangan sampai ada celah yang bisa membuat air hujan masuk ke dalam.

Genteng harus dipasang dengan cara yang benar hingga antara satu genteng dengan genteng yang lainnya bisa saling mengunci dengan rapat. Gunakan genteng yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi agar usianya bisa tahan lama dan tidak mudah bocor.

Permasalahan Pada Talang Air

Talang air merupakan saluran yang mengalirkan air dari permukaan atap ke saluran pembuangan. Maka dari itu, anda bisa memastikan bahwa talang air sudah terpasang dengan benar.

Sambungan pada jurai talang juga harus di perhatikan dengan teknik pemasangan yang benar juga. Lalu, Ukuran talang harus sesuai dengan debit air yang akan dialirkan.

Bubungan Atap Bercelah

Jika rumahmu mengalami kebocoran ketika hujan, periksa bubungan. Apakah ada yang bocor atau ada celah kecil disana. Bubungan merupakan bagian tertinggi dari sebuah atap. Disinilah awal aliran air berasal.

Pada Bubungan ini biasanya juga dipasangkan jenis genteng knock dan diperkuat dengan adukan semen  pasir. Jika komposisi semen pasir tidak tepat, hal ini dapat menyebabkan adukan tidak tahan lama dan mudah retak.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi atap rumah yang bocor ketika musim hujan tiba. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here