syarat kpr rumah

Rumah saat ini menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang. Baik itu untuk lajang ataupun yang sudah berkeluarga. Selain berfungsi sebagai tempat berkumpul dan berlindung keluarga, rumah juga bisa menegaskan status sosial seseorang. Maka dari itu, tak heran jika saat ini banyak orang yang berlomba memiliki rumah mewah idaman mereka.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memiliki rumah idaman, salah satunya adalah dengan menggunakan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari bank. Namun, sebelum kalian mengajukan permohonan kredit KPR ke bank. Ada beberapa persyaratan yang harus kalian penuhi, salah satunya adalah slip gaji atau keterangan status karyawan tetap dari sebuah perusahaan yang bersangkutan.

Saat ini di Indonesia terdapat dua jenis KPR yaitu KPR bersubsidi dan KPR Non Subsidi. Ketentuan dan persyaratan KPR ditentukan oleh bank sehingga penentuan besar suku bunga atau besar kredit juga dilakukan sesuai dengan kebijakan bank tersebut.

Mengapa lebih baik Menggunakan KPR?

Ada banyak keuntungan menggunakan sistem KPR yang bisa kamu dapatkan seperti tidak perlu khawatir dengan dana tunai karena dengan memanfaatkan sistem KPR. Nasabah tidak harus menyediakan uang secara tunai untuk membeli rumah sehingga kamu hanya perlu menyediakan uang muka saja.

Selain itu, sistem KPR juga memiliki waktu yang panjang sehingga angsuran bisa  diiringi dengan ekspektasi peningkatan penghasilan. Selain memenuhi syarat dan ketentuan KPR.

Kamu juga harus tau mengenai biaya prosesnya seperti biaya appraisal, biaya notaris, provinsi bank dan masih banyak lagi.

Syarat mengajukan KPR

Sebelum mulai mengajukan Kredit KPR. Ada beberapa persyaratan dasar yang wajib kalian penuhi. Salah satunya adalah kalian wajib sudah berusia minimal 21 tahun. Lalu juga memiliki penghasilan tetap sebagai pegawai tetap dengan masa kerja minimal 1 tahun untuk pegawai atau 2 tahun untuk profesional.wiraswasta.

Berikut ini ada beberapa dokumen yang harus kalian penuhi ketika ingin mengajukan KPR ke bank:

  • Fotocopy KTP/Paspor/KITAS/KITAP
  • Slip gaji bulan terakhir/surat keterangan gaji
  • Fotocopy Rekening Koran
  • Fotocopy Surat Izin Praktek
  • Fotocopy Akte Perusahaan atau SIUP dan NPWP
  • Fotocopy Tagihan bulanan kartu kredit 1 bulan terakhir
  • Fotocopy Kartu Kredit

Nah, itu dia persyaratan yang harus kalian penuhi ketika ingin mengajukan kredit KPR di bank. Selain itu anda juga harus mengetahui hal-hal penting saat mengajukan KPR. Apa saja hal-hal penting itu? Yuk dibaca.

Hal-hal Penting Sebelum mengajukan KPR

  • Jika membeli rumah dari perorangan Pastikan sertifikat tidak bermasalah dan ada IMB sesuai dengan kondisi bangunan yang ada
  • Jika membeli rumah dari developer pastikan mereka sudah mengantongi ijin resmi untuk membangun rumah tersebut.
  • Jangan beli rumah di bawah tangan. Jika rumah yang ingin anda beli masih dalam status jaminan bank, maka lakukan pengalihan kredit pada Bank yang bersangkutan dan membuat akte jual beli di hadapan pihak notaris.

Itulah cara lengkaap untuk mengajukan KPR ke bank. Semoga dengan informasi ini anda bisa memiliki rumah impian dengan bantuan Kredit KPR bank pilihan anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here