cara membeli rumah bekas

Kita semua tau, saat ini membeli rumah bekas bukanlah hal yang mudah. ada banyak hal yang harus kita perhitungkan. Sekilas, membeli rumah bekas nampaknya tidak terlalu berbeda dengan membeli rumah baru.

Padahal diperlukan usaha yang lebih keras untuk mencari rumah bekas yang sesuai dengan keinginan kita. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips membeli rumah bekas yang bisa anda ikuti.

Dengan mengikuti tips untuk membeli rumah bekas  berikut ini, kamu tidak akan menyesal dikemudian hari. Yuk langsung saja simak tips ini sebelum anda membeli rumah bekas.

Tips untuk Membeli Rumah Bekas 2019

1.Cermati Anggaran

Tips membeli rumah bekas yang pertama adalah memastikan bahwa anda tau kondisi keuangan yang anda miliki saat itu. Pastikan sumber pemasukan serta kewajiban yang harus anda lunasi akan terpenuhi.

Selain membutuhkan dana untuk membeli rumah, anda juga memerlukan biaya untuk merenovasi rumah jika ada kondisi rumah yang tidak lagi sempurna. Biaya seperti ini tentu saja tidak murah.

Maka dari itu, anda harus cermat dengan anggaran yang anda miliki. Jangan sampai anda malah menyesal.

2.Beli Rumah Dari Pemilik Langsung

Cara terbaik untuk membeli rumah bekas selanjutnya adalah dengan langsung membeli rumah tersebut dari pemiliknya sendiri alias tanpa perantara. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan informasi yang lengkap mengenai rumah yang akan kamu beli.

Lalu, jika kamu langsung membeli dari pemilik rumah anda bisa mendapatkan harga murah karena penjual tidak perlu memberikan komisi kepada broker atau perantara.

3.Memilih Broker yang Tepat

Nah, jika anda sudah terlanjur suka dengan rumah tersebut lalu anda terpaksa membelinya melalui broker atau perantara. Maka pastikan broker yang anda pilih tersebut bisa dipercaya dan tepat.

Anda bisa menanyakan relasi tentang broker yang terpercaya, kamu juga bisa menggunakan jasa perantara properti yang sudah terkenal dan memiliki kredibilitas tinggi untuk membantumu mendapatkan rumah bekas tersebut,

4.Pastikan Dokumen Rumah Lengkap

Cara untuk membeli rumah bekas agar aman selanjutnya adalah Pastikan Rumah tersebut memiliki dokumen yang lengkap. Hal ini sangat penting jika anda ingin menggunakan KPR dari Bank untuk membeli rumah bekas.

Pastikan rumah tersebut memiliki Sertifikat Hak Milik (SHM) dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), lalu kamu juga harus mengecek apakah dokumen tersebut ada yang bermasalah.

Kamu bisa melakukan pengecekan di kantor pertanahan setempat. Jika kamu melihat adanya ketidaksesuaian pada dokumen seperti perbedaan nama yang tertera di SHM dengan KTP pemilik, anda bisa langsung menanyakannya.

Sehingga tidak akan ada masalah dikemudian hari ketika anda deal untuk membeli rumah tersebut.

5.Cari Rumah Ideal

Anda membeli rumah tentunya berharap rumah tersebut akan nyaman untuk ditempati. Meskipun anda membeli rumah bekas yang memang memiliki pilihan terbatas dibanding rumah baru.

Setidaknya rumah yang anda beli harus memenuhi kriteria anda seperti Lokasi yang strategis atau akses jalan raya yang mudah. Sehingga lingkungan rumah anda akan aman untuk keluarga.

6.Periksa Kondisi Rumah

Jika anda ingin membeli rumah bekas, anda harus jeli untuk melihat kondisi rumah tersebut sebelum membelinya. Bawalah orang yang mengerti mengenai kondisi bangunan seperti kontraktor terpercaya atau tukang bangunan terbaik anda.

Periksa fondasi, struktur bangunan, lantai dan atap rumah bekas yang akan anda pilih. Pastikan kondisinya masih bagus dan aman untuk ditempati bertahun-tahun.

Jika memang ada bagian rumah yang memerlukan renovasi, kamu bisa membicarakan kembali harga rumah tersebut kepada pemilik rumah untuk menurunkan harga rumahnya.

7.Ketahui Usia Bangunan

Secara sederhana, sebelum kamu membeli rumah bekas. Ada baiknya kamu mengetahui usia bangunan tersebut.

Kamu bisa mengelompokkan umur rumah yakni baru kurang dari 10 tahun, sedang 10 sampai 20 tahun dan tua lebih dari 20 tahun.

Jika rumah tersebut sudah pernah direnovasi, tanyakan kapan terakhir kali rumah tersebut direnovasi lalu dibagian apa.

Sangat penting untuk memperhatikan usia bangunan yang akan anda tinggali demi keamanan dan performa bangunan.

8.Perhatikan Lokasi Rumah

Tips membeli rumah untuk orang awam berikutnya adalah memastikan lokasi rumah yang anda pilih sudah nyaman dan tidak terisolasi dari dunia luar sehingga aktivitasmu tidak terganggu. 

Selain bermanfaat ketika anda akan berpergian, ternyata hal ini juga bisa berpengaruh terhadap segi harga jual rumah tersebut nantinya. Lokasi rumah sangat menentukan nilai jual rumah karena seiring berjalannya waktu hunian yang dibangun ditempat strategis memiliki harga jual yang lebih mahal dibandingkan rumah yang dibangun ditempat biasa.

Rumah bekas yang terletak di jalan tol utama, sekolah, universitas, rumah sakit dan akses utama ke kota besar sering dicari oleh banyak orang. Jadi kamu tidak perlu khawatir kalo rumah bekas yang akan kamu beli nanti tidak bisa dijual lagi.

Dengan mengetahui lokasi rumah, kamu juga bisa membekali diri anda dengan berbagai macam informasi seperti area mana saja yang sering banjir, longsor, mati listrik, rawan maling dan yang lainnya.

Jika memungkinkan cek juga lokasi rumah dengan beberapa tempat di kota untuk mempertimbangkan waktu dan jarak tempuh kesana.

Kesimpulan

Nah, itu dia cara membeli rumah bekas yang aman sehingga kamu tidak akan menyesal dikemudian hari karena sudah membeli rumah bekas tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua, jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke sosial media kalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here