tips beli rumah baru dengan mudah

Membeli rumah merupakan salah satu faktor penting bagi pasangan Muda yang baru saja menikah. Bagi anda yang baru pertama kali membeli rumah pasti hal ini akan membingungkan anda.

Maka dari itu, anda harus sering berdiskusi bersama pasangan anda mengenai hal ini. Lalu kamu juga bisa membaca informasi dan beragam tips membeli rumah sebelum memutuskan untuk membeli rumah yang diinginkan.

Jangan sampai anda menyesal membeli rumah karena kurangnya perencanaan, hitungan, informasi dan bangunan yang seharusnya menjadi tempat tinggal yang enak untuk ditinggali malah menjadi tempat tinggal yang tidak nyaman.

Nah, kali ini saya akan berbagi cara membeli rumah baru yang tepat untuk pemula yang baru pertama kali membeli properti rumah. Yuk langsung saja simak artikel ini sampai habis.

Tips Membeli Rumah Baru untuk Pemula 2019

1.Hitung dengan Teliti

Tips pertama dalam membeli rumah baru untuk pasangan muda adalah menghitung dengan cermat berapa ongkos dan biaya yang akan dikeluarkan secara keseluruhan untuk rumah baru tersebut.

Hitungan tersebut termasuk uang muka, uang cicilan per bulan, pajak, bunga jangka panjang, asuransi dan utilitas lainnya. Jangan sampai kamu tergiur dengan iklan rumah dengan cicilan yang murah per bulan tapi ternyata ada biaya tambahan lain yang belum terhitung.

Hitunglah dengan membayangkan dirimu akan tinggal dirumah itu dalam waktu bertahun-tahun bersama keluarga. Lalu sesuaikan dengan budget rumah tanggamu dan usahakan jangan sampai melebihi batasan 30 persen pendapatanmu maupun pendapatan gabunganmu dengan pasangan.

2.Lakukan Riset dan Bandingkan Sumber Pinjaman

Nah, jika kalian ingin membeli rumah dengan menggunakan cara KPR. Jangan lupa untuk melakukan riset dan membandingkan tawaran KPR yang disediakan oleh beberapa Bank pilihanmu.

Hitung tawaran bunga pinjaman dengan teliti, jangan sampai kamu menyesal dengan bunga yang nantinya akan kamu terima. Lalu pilih skema yang dipilih, apakah menggunakan bunga tetap, fluktuatif dan yang lainnya. Jangan ragu untuk bertanya ke pihak bank tentang fasilitas pinjaman yang diberikan kepadamu.

3.Perhatikan Rekam Jejak Kredit

Sebelum membeli rumah baru, sebaiknya anda memperhatikan rekam jejak kredit anda. Mengapa? Supaya proses KPR dan pencairan pinjaman dana anda bisa lancar dan tidak berbelit jika anda memiliki riwayat pembayaran hutang yang buruk sebelumnya.

Apalagi jika kamu pernah bermasalah dengan kartu kredit atau kredit tanpa agunan sebelumnya, hal ini bisa membuat reputasi anda memburuk ketika ingin mengajukan KPR ke bank.

Oleh karena itu, anda perlu memastikan sudah membereskan semua masalah hutang yang ada pada kartu kredit agar penyedia dana bisa menyetujui pengajuan kreditmu.

4.Lihat Reputasi Developer

Nah, jika anda berpikir untuk membeli rumah baru dari developer. Anda bisa melihat reputasi developer sebelum membeli rumahnya. Pengembang yang tidak profesional bisa merugikan anda karena pengurusan sertifikat sangat tergantung pada developer.

Perhatikan kelengkapan ijin developer seperti Ijin peruntukan tanah, prasana sudah tersedia, kondisi tanah yang matang, sertifikat tanah minimal SHGB atau HGB Induk atas nama pengembang, IMB induk dan masih banyak lagi.

Dengan cara ini kamu bisa merasa aman dan tentram jika membeli rumah dari developer tersebut karena sudah meyakinkan berkat adanya surat-surat ijin tersebut.

5.Jangan Bayar DP sebelum KPR Disetujui

Kalo kamu diminta segera membayar Uang muka oleh developer ketika KPR Masih dalam proses. Sebaiknya tunda dulu dan tunggu bank menyetujui pengajuan KPR. Meskipun pengembang bekerjasama dengan bank, tapi bank tidak hanya melihat pengembang namun juga mengevaluasi kemampuan keuangan pembeli untuk melunasi cicilan yang ada.

Maka dari itu, sebaiknya pembayaran uang muka ke Developer kamu lakukan setelah KPR milikmu disetujui oleh bank.  Jika belum ada keputusan, jangan bayar DP karena jika nantinya KPR milikmu tidak disetujui, maka akan sulit untuk meminta DP kembali dan biasanya ada potongan juga.

6.Baca Kontrak Secara Cermat

Nah, tips membeli rumah berikutnya adalah anda harus cermat ketika membaca berbagai macam kontrak atau surat dan dokumen rumah. Baik kontrak yang diberikan oleh peminjam dana atau agen penjual rumah anda.

Jika kamu kurang mengerti dengan isi kontrak, kamu bisa menanyakannya kepada mereka agar jelas. Lalu, jika kamu ingin mengubahnya gunakanlah hak anda untuk bernegoisasi.

Jika agen atau bank masih kesulitan bernegoisasi sebaiknya anda mengganti bank atau agen tersebut. Masih banyak yang ingin melakukan transaksi dengan anda.

7.Survey Rumah

Hal ini menjadi alasan yang sangat penting ketika ingin membeli rumah baru. Saat anda merasa cocok dengan sebuah rumah, perlu diingat bahwa rumah yang akan anda tempat itu nantinya akan diisi oleh keluarga anda dan untuk membesarkan anak juga.

Maka dari itu, lakukan survey rumah terlebih dahulu dengan datang ke lokasi dan mengetahui secara pasti lingkungan sekitar rumah itu seperti apa. Anda juga bisa mempelajari tetangga anda seperti apa nantinya. Sesuaikan dengan pola hidup yang anda inginkan bersama keluarga nantinya.

Kesimpulan

Demikian informasi mengenai tips membeli rumah baru yang wajib diperhatikan oleh pemula. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua dan bagi anda yang suka dengan artikel ini jangan lupa untuk membagikannya ke sosial media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here