cara membangun rumah dengan budget rendah

Saat ini ada banyak perumahan yang siap huni. Meskipun begitu, tak sedikit orang yang ingin membangun rumahnya sendiri daripada membeli langsung jadi. Ada banyak alasan mengapa banyak orang ingin membangun rumah sendiri seperti ingin mendesain sendiri rumah tersebut sesuai keinginan.

Namun, untuk membangun sebuah rumah sendiri bukanlah hal yang mudah dan murah. Ada banyak kebutuhan yang wajib terpenuhi jika kamu ingin membangun rumah sendiri. Selain itu, harga kebutuhan pokok ini juga selalu naik setiap tahun.

Maka dari itu, terkadang membangun rumah sendiri itu tidak mudah karena terkadang ada masalah pada dana. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa membangun rumah sendiri.

Berikut ini tips membangun rumah yang wajib kamu lakukan jika ingin hemat dengan danamu. Yuk langsung saja.

Tips Membangun Rumah Untuk Pemula 2019

1.Buat Rencana Pembangunan Rumah

Langkah awal sebelum mulai membangun rumah adalah merencanakan pembangunan rumah anda. Mulai dari dana, ukuran bangunan hingga target waktu pembangunan.

Rencana seperti ini berfungsi sebagai pengendali kemungkinan adanya penyimpangan selama proses pembangunan rumah berlangsung. Jika ada masalah pada pembangunan, tentu saja akan berimbas pada biaya yang harus dikeluarkan.

Seperti molornya waktu pembangunan maka sudah pasti hal ini akan menambah biaya tukang. Maka dari itu, lebih baik anda pilih tukang atau pemborong profesional untuk mengerjakan rumah anda.

2.Gunakan Desain Rumah Tipe Minimalis

Tips membangun rumah dengan dana terbatas berikutnya adalah bangunlah rumah dengan desain yang minimalis. Desain ini menjadi tren baik untuk pengembangan perumahan rakyat ataupun rumah sendiri.

Desain rumah minimalis dinilai lebih efisien dalam penggunaan bahan bangunan namun tetap memberikan kesan yang modern dan mewah sehingga tidak akan membuatmu kecewa.

Untuk memperoleh rumah dengan desain minimalis, kamu hanya perlu browsing di internet desain rumah yang diinginkan. Anda tidak perlu menyewa jasa arsitek.

3.Tentukan Bentuk Rumah

Bentuk rumah sangat berpengaruh pada tingkat kesulitan pembangunan dan kebutuhan bahan bangunan. Maka dari itu banyak orang cenderung lebih memilih bentuk bangunan yang berbentuk persegi atau persegi panjang karena cenderung lebih mudah dibangun dan hemat biaya.

Jika kamu ingin menekan biaya dalam pembangunan rumah sendiri, kamu bisa memilih bentuk rumah kotak atau persegi panjang. Jangan gunakan bentuk bersudut karena tingkat kesulitan bangunan ini sangat tinggi dan juga beresiko pada bentuk rumah yang tidak sempurna.

4.Riset Harga Bahan Bangunan

Nah, harga bahan bangunan setiap tahun pasti akan semakin tinggi. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor yang harus kalian pertimbangkan dengan matang. Oleh karena itu, sebelum mulai membangun rumah. Ada baiknya kamu melakukan riset harga bahan bangunan dipasar terlebih dahulu.

Tak sedikit orang yang menunda pembangunan rumahmya karena terhalang oleh harga bahan bangunan yang tinggi. Maka dari itu, kamu bisa memperkirakan bahan bangunan rumahmu sendiri dengan melakukan riset keluar masuk toko bangunan untuk mengetahui harga material yang dibutuhkan.

5.Selektif Memilih Tukang

Membangun rumah sendiri bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika kamu terhalang dengan dana yang sangat terbatas. Agar bisa membangun rumah impian dengan harga murah kamu perlu menghemat pengeluaran semaksimal mungkin.

Maka dari itu, kamu bisa selektif ketika memilih tukang bangunan yang akan mengerjakan rumahmu. Mereka yang akan meracik semua bahan bangunan dan membuatnya hingga berupa bangunan rumah yang bagus dan berkualitas.

Karena pentingnya peran tukang bangunan ini maka tak heran jika biaya yang harus kita keluarkan untuk mereka lebih besar. Oleh karena itu, kamu bisa selektif ketika memilih tukang bangunan. Pilih yang benar ahli dan profesional dibidangnya. Jangan sampai kamu kecewa dengan hasil bangunan rumah dari tukang pilihanmu.

6.Bangun Secara Bertahap

Nah, tips membangun rumah sendiri berikutnya adalah bangun dengan cara bertahap. Dengan cara membangun rumah ini kamu bisa berhemat lebih besar karena pada dasarnya kamu tidak harus menunggu dana untuk membangun rumah terkumpul.

Kamu bisa mencicil membangun rumah impianmu sendiri secara bertahap. Kamu bisa melakukannya mulai dari fondasi, pendirian bangunan, hingga pemasangan bagian atap dan disesuaikan dengan dana yang tersedia.

Memang membangun rumah secara bertahap bisa memakan waktu yang lama, tapi hal seperti ini bisa memberikan kesempatan  bagi anda untuk fokus ke setiap tahapnya karena dana yang dikeluarkan dapat lebih teratur serta mudah untuk dipantau.

7.Gunakan Bahan Bangunan Lokal dan Berkualitas

Pastikan anda ketika membangun rumah anda sendiri menggunakan bahan bangunan lokal yang berkualitas. Anda tidak harus membeli bahan bangunan dari luar negeri untuk menekan budget.

Saat ini sudah ada banyak bahan bangunan produksi lokal yang memiliki kualitas layaknya pabrik luar negeri. Selain harganya murah, bahan bangunan lokal juga terjamin karena sudah lolos ketentuan Undang-undang.

Kesimpulan

Nah, itu dia tips membangun rumah murah yang bisa anda lakukan ketika dana yang anda miliki terbatas namun kamu ingin rumah yang dibangun tetap berkualitas dan sesuai dengan impian anda.

Apapun bentuk rumah dan ukurannya, asal anda nyaman tinggal disana pasti akan lebih membahagiakan anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua, jangan lupa dishare ke sosial media kalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here